Contoh Pidato Agama Islam: Contoh Pidato dari Nabi Muhammad

Contoh Pidato Agama Islam: Contoh Pidato dari Nabi Muhammad
Contoh Pidato Agama Islam: Contoh Pidato dari Nabi Muhammad
Pidato Agama Islam

Sebuah Contoh pidato agama islam yang di sampaikan oleh baginda nabi muhammad. dari apa yang pernah di sampaikan Nabi Muhammad dari sebuah mimbar. Contoh Pidato dari Nabi Muhammad ini Disampaikan Baginda Nabi Muhammad setelah Nabi Muhammad selesai dari perang hunain. Contoh pidato ini bisa untuk anda yang sesuai untuk anda yang membutuhkan Sebuah teks contoh untuk ceramah tentang agama islam yang isisnya tentang motivasi yang di berikan oleh Nabi muhammad.


Contoh Pidato dari Nabi Muhammad , sudah cukup membuktikan Jika Nabi Muhammad adalah Seorang pemimpin terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Bahkan dalam Pidato Pidatonya adalah yang terbaik yang bisa menjadi Contoh dalam menyampaikan sesuatu memalui pidato terbaik.

Mari kita simak Betapa Dahsyat Contoh Pidato dari Nabi Muhammad dan sempurnaya Contoh Pidato dari Nabi Muhammad,

Tak syak lagi, Rasulullah adalah pemimpin besar yang ahli dalam berpidato. Diriwayatkan, apabila beliau berada diatas mimbar berpidato, akan berubah merahlah mata beliau, menandakan semangat dan kesungguhannya.

Suatu kali beliau pernah berpidato dengan sangat mengharukan, menyentuh kalbu pendengarnya. Begitu intensnya sampai mereka menangis tersedu-sedu. Ini terjadi ketika beliau berpidato dalam acara khusus, dihadapan kaum Anshar, sehubungan dengan penjelasan beliau mengenai harta rampasan perang Hunain.

Seperti diketahui, rampasan perang Hunain banyak diberikan kepada orang-orang Quraisy, terutama pemukanya. Sementara orang-orang Anshar yang sudah banyak sekali perjuangannya, hanya mendapat bagian yang sedikit.

Sebagai contoh, terhadap Abu Sufyan yang ikut berperang di barisan Islam baru pertama kali, mendapatkan bagian 40 ‘uqiyah emas dan 100 ekor unta. Demikian pula tokoh Quraisy lain, Hakim bin Hizam, muallaf yang pernah melarikan diri keluar negeri di saat peristiwa Fathu Makkah karena ancaman hukuman mati, mendapatkan bagian 200 ekor unta. Sedangkan umumnya orang-orang Anshar tak mendapatkan bagian kecuali hanya sedikit. Hal ini menyebabkan kekecewaan dan desas-desus yang semakin menyebar, seolah-olah Nabi hanya mementingkan kaumnya, kaum Quraisy. Kaum Anshar yang sudah lama berjuang mendampinginya tak diperhatikan.

Desas-desus itu semakin santer dan merata, bahkan sudah mendekati taraf yang berbahaya, sehingga salah seorang wakil kaum Anshar, Sa’ad bin ‘Ubadah, memberanikan diri menghadap Nabi demi kemaslahatan kaum Muslimin. Sa’ad berkata kepada beliau: “Wahai Rasulullah, sebagian besar orang-orang Anshar merasa tak enak hatinya, ketika engkau memberikan bagian harta rampasan Hunain tempo hari. Menurut mereka, engkau memberikan bagian terhadap kaum-mu (kaum Quraisy) bagian yang banyak, sedangkan kaum Anshar tak mendapatkan bagian yang berarti”.

Mendengar perkataan Sa’ad, Rasulullah bersabda: “Lalu bagaimana menurut pendapatmu sendiri, wahai Sa’ad?”. Jawab Sa’ad: “Saya berada di fihak kaumku”. Kata Rasulullah: “Jika demikian, kumpulkanlah kaummu itu dan saya akan berbicara dengan mereka”.

Setelah dikumpulkan, maka Sa’ad kembali menghadap Rasulullah seraya berkata: “Orang-orang Anshar sudah berkumpul, wahai Rasulullah”.

Rasulullah kemudian bangkit dari tempatnya menuju ke mimbar. Sesudah membuka pidatonya dengan pujian dan tasbih kepada Allah, beliau kemudian berkata: “Wahai kaum Anshar, sudah sampai berita kepadaku bahwa kalian mempunyai perasaan tak enak terhadapku dalam hal harta rampasan Hunain. Saudara-saudara Anshar! Ingatlah! Bukankah aku sudah datang kepadamu sewaktu engkau tersesat, lalu Allah memberikan petunjuk melaluiku? Bukankah aku dapati engkau miskin, kemudian Allah menjadikan engkau kaya? Bukankah aku dapati engkau selalu bermusuhan, lalu Allah menyatukan hatimu?”.

Orang-orang Anshar menyela: “Allah dan Rasul-Nya lebih banyak memberi dan lebih utama”.

Rasulullah melanjutkan: “Tidakkah engkau akan menjawab, wahai kaum Anshar?”. Mereka menjawab: “Dengan apa kami harus menjawabnya, wahai Rasulullah?”.

Rasulullah melanjutkan lagi: “Demi Allah, seandainya engkau mau mengatakan, niscaya engkau akan mengatakan kepadaku”. “Kamu (Rasulullah) dalang kepada kami dalam keadaan didustakan, maka kamilah yang membenarkan. Kamu datang kepada kami dalam keadaan miskin, maka kami lapangkan engkau”. “Memang. . . . jika engkau mengatakan demikian, perkataanmu itu benar, dan saya pun membenarkannya”.

“Tetapi, wahai kaum Anshar! Apakah engkau merasa kecewa hanya lantaran bagianmu sedikit? Sementara mereka mendapatkan banyak demi keislamannya? Apakah engkau tak rela, wahai kaum Anshar, bila mereka pulang (ke Makkah) membawa kambing-kambing, unta-unta dan harta benda yang banyak,sementara kamu pulang (ke Madinah) membawa Rasulullah? Demi Dzat Yang diri Muhammad berada di tangan-Nya, bahwa engkau pulang dengan membawa Rasul-Nya lebih baik daripada apa yang mereka bawa pulang. Seandainya bukan karena hijrah, niscaya aku menjadi orang Anshar. Seandainya manusia menempuh suatu jalan di gunung dan lembah, sementara orang Anshar juga menempuh suatu jalan di gunung dan lembah, niscaya aku menempuh jalan yang dilalui kaum Anshar. Orang Anshar adalah kulit, sedangkan orang yang lain adalah pakaiannya. Ya Allah. . . berilah rahmat terhadap orang-orang Anshar, anak-anak orang Anshar, anak-anak dari anak-anak orang Anshar”.

Mendengar pidato Rasulullah yang mengharukan itu, serentak meledaklah tangis, orang-orang Anshar merasa terharu. Mereka tak kuasa membendung air matanya yang tiba-tiba bobol. Begitu kuatnya bobolan itu sampai basahlah janggut-janggut mereka kebanjiran air mata. Sesudah sedikit lapang, berkatalah orang-orang Anshar: “Sekarang, wahai Rasulullah, kami rela kepada Allah dan Rasul-Nya atas pembagian itu”.
Demikian Contoh Pidato dari Nabi Muhammad yang kita kutip dari sebuah Contoh Pidato yang menjadi sebuah pidato baginda nabi Muhammad

Terima kasih jika anda sudah berkenan membaca Contoh Pidato: Contoh Pidato dari Nabi Muhammad sebelum anda berlalu dari Qvae silahkan Para pelopor simak:
Contoh pidato agama
Contoh Pidato Pendidikan
Contoh Pidato Motivasi


Contoh PidatoAgama islam: Contoh Pidato dari Nabi Muhammad






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes