Contoh Pidato Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam




Contoh Pidato Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam
pidato pendidikan
Ketika anda di tugaskan untuk pemberikan sebuah Pidato pendidikan, atau ketika anda mencari sebuah contoh teks naskah pidato pendidikan yang instan, maka Contoh Pidato Pendidikan dengan tema  Keluarga Dalam Pandangan konsep islam adalah solusi yang tepat dalam masalah yang anda hadapi. Persiapkan diri anda untuk pidato pendidikan anda, baik secara materi pidato ataupun mentalitas anda dalam berpidato karena itu sangat mempengaruhi penyampaian anda untuk diterima tidaknya pidato ataupun ceramah yang anda sampaikan.
Contoh Pidato Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam sangat tepat untuk di sampaikan di lingkungan pendidikan atau pun masyarakat, karena bisa juga di gunakan untuk memberikan motivasi untk meningkatkan kualitas pendidikan yang di mulai dari keluarga menuju ke masyarakat.


Contoh Pidato Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam

Inilah Contoh teks naskah Pidato Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam

Contoh Pidato Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam
pidato tentang pendidikan
Salam

Segala puji atas segala anugrah tuhan terutama kesempata untuk menyampaikan pendidikan kepada anda semua tentang Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam, juga sholawat senantias kita haturkan pada Nabi Muhammad SAW Atas jasa beliau dalam mengembangkan dunia pendidikan yang seperti cahaya yang menerangi bumi kita.

Para pelopor,,

Keluarga adalah komponen yang paling kecil dalam kehidupan bermasyarakat yang pada umumnya beranggotakan Ayah, Ibu Dan Anak. Setiap individu dalam lingkungan keluarga memiliki peranan dan tanggung jawab masing masing. Di dalam pendidikan agama Islam, seorang anak adalah amanat yang diberikan oleh Allah. Dan sebuah Amanat adalah hal yang akan dipertanggungjawabkan. Dari sana, Adalah tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak bukanlah hal yang sepele. Secara umum inti tanggung jawab itu adalah memberikan pendidikan yang sesuai dengan ajaran agama islam untuk anak-anak dalam rumah tangga. Allah berfirman yang artinya: 

“Jagalah dirimu dan keluargamu dari siksaan neraka”. [Q.S. At-Tahriim: 6] 

Kewajiban memberikan pendidikan dapat dilaksanakan dengan mudah dan wajar karena orang tua memang mencintai anaknya. Ini merupakan sifat manusia yang dibawanya sejak lahir. Manusia diciptakan dengan memilki sifat mencintai anaknya. 

“Harta dan anak-anak merupakan perhiasan kehidupan dunia”. [Al-Kahfi ayat 46] 

pidato pendidikan islam
Al-Bukhari meriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa telah datang kepada Aisyah seorang ibu bersama dua anaknya yang masih kecil. Aisyah memberikan tiga potong kurma kepada wanita itu. Diberilah oleh anak-anaknya masing-masing satu, dan yang satu lagi untuknya. Kedua kurma itu dimakan anaknya sampai habis, lalu mereka menoreh kearah ibunya. Sang ibu membelah kurma (bagiannya) menjadi dua, dan diberikannya masing-masing sebelah kepada kedua anaknya. Tiba-tiba Nabi Muhammad SAW datang, lalu diberitahu oleh Aisyah tentang hal itu. Nabi Muhammad SAW bersabda : 

“Apakah yang mengherankanmu dari kejadian itu, sesungguhnya Allah telah mengasihinya berkat kasih sayangnya kepada kedua anaknya”. 

Uraian pendidikan diatas menegaskan bahwa 
(1) wajib untuk orang tua memberikan pendidikan untuk anak anaknya mesti hanya dalam lingkungan keluarga.
(2) kewajiban orang tua adalah alami karena Allah menciptakan orang tua yang bersifat mencintai anaknya. 

Agama Islam secara jelas mengingatkan para orang tua untuk berhati hati dalam memberikan pendidikan dan memberikan pembinaan keluarga sakinah, seperti yang termaktub dalam QS Lukman ayat 12 sampai 19. Dan apabila kita kemudian kaji isi ayat diatas, maka kita akan menemukan beberapa point-point penting diantaranya adalah : 

1. Pembinaan jiwa untuk orang tua. 
Pembinan jiwa orang tua di jelaskan dalam Surah Luqman ayat 12 : 
Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. 

2. Pendidikan tauhid kepada anak menurut konsep islam. 
Makna tentang pembinaan tauhidyang sesuai dengan yang di ajarkan dalam al qur’an, 
Luqman Ayat 13 : 
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya : “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah kezhaliman yang besar”. 
Luqman Ayat 16 : 
(Lukman berkata) : Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. 
Yang dimaksud dengan “Allah Maha Halus” ialah ilmu Allah itu meliputi segala sesuatu begamana kecilnya. 

3. Pembinaan pendidikan akidah anak 
Mengenai pembinaan akidah ini, pembinaan pendidikan akidah ini sangat penting dallam membentuk pribadi yang islami pada setiap individu dalam keluarga. Surah Luqman memberikan gambaran yang begitu jelas. Dalam surat tersebut pembinaan akidah pada anak terdapat dalam empat buah ayat yaitu ayat 14, 15, 18 dan ayat ke 19. 

4. Pembinaan pendidikan jiwa sosial anak 
Islam mengajarkan betapa pentingnya pendidikan sosial untuk anak karena kelak sang anak akan tumbuh di lingkungan sosial. Pembinaan sosial pada anak dalam keluarga, dijelaskan dalam surat Luqman ini melalui ayat ke 16 dan ayat ke 17. Untuk ayat ke 16 telah disebutkan pada point ke dua. Sedangkan ayat ke 17 dari surat Luqman berbunyi : 
Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang patut diutamakan. 
Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama. Keluarga dikatakan sebagai lingkungan pendidikan pertama karena setiap anak dilahirkan ditengah-tengah keluarga dan mendapat pendidikan yang pertama di dalam keluarga. Dikatakan utama karean pendidikan yang terjadi dan berlangsung dalam keluarga ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan pendidikan anak selanjutnya. 
Para ahli sependapat bahwa betapa pentingnya pendidikan keluarga ini. Mereka mengatakan bahwa apa-apa yang terjadi dalam pendidikan keluarga, membawa pengaruh terhadap lingkungan pendidikan selanjutnya, baik dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat. Tujuan dalam pendidikan keluarga atau rumah tangga ialah agar anak mampu berkembang secara maksimal yang meliputi seluruh aspek perkembangan yaitu jasmani, akal dan ruhani. Yang bertindak sebagai pendidik dalam rumah tangga ialah ayah dan ibu si anak. Ingatlah selalu kepada apa yang dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadistnya: 
“Setiap anak dilahirkan atas dasar fitrah. Maka ibu-bapanyalah yang menasranikanatau menyahudikan atau memajusikannya. (H.R. Bukhari Muslim) 
Dari hadist tersebut sangat jelas betapa besar pengaruh dari peran orang tua dalam mendidik anak, karena anak terlahir dalam keadaan suci dan semua itu tergantung bagaimana orang tua memberikan warna pendidikan pada anak.

Salam

Semoga ada hikmah pendidikan dari Contoh Pidato Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam, dan bisa menjadi contoh dalam pidato ceramah anda dalam dunia pendidikan. Dari sini kita informasikan jika kita juga mempunyai beberapa koleksi Contoh pidato singkat dengan rincian contoh pidato singkat agama islam, contoh pidato singkat pendidikan, contoh pidato singkat motivasi,,,,,



Contoh Pidato Pendidikan Keluarga Dalam Pandangan konsep islam
Dari berbagai sumber contoh Pidato pendidikan.


1 komentar:

Adryan Ardan mengatakan...

makasih gan saya ijin mendonlodnya yaa.

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes