Tips memilih Makanan Pendamping ASI



Makanan terbaik untuk bayi.

Tips memilih  Makanan Pendamping ASI
Makanan terbaik untuk bayi
Tentang makanan untuk Bayi, yang paling penting adalah apakah bayi sudah cocok untuk makanan itu, atau mana makanan yang terbaik untuk bayi. Pada dasarnya ASI adalah makan yang terbaik untuk bayi, karena mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, khususnya untuk bayi dengan usia di bawah 6 bulan. Kandungan yang kaya akan nutrisi dan gizi ini tidak dapat tergantikan oleh susu forumula dengan jenis merk apapun, meskipun harganya paling mahal sekalipun. Pemberian ASI eklsusive diberikan kepada bayi hingga bayi mencapai usia 6 bulan, artinya selama 6 bulan bayi tidak perlu memerlukan tambahan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi adalah langkah yang sangat di anjurkan oleh ikatan dokter Indonesia.


Menginjak usia 6 bulan, bayi baru mulai diperkenalkan pada makanan yang dinamakan makanan pendamping ASI atau disingkat MPASI. MPASI adalah makanan bayi kedua yang menyertai pemberian ASI. Hal ini di sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan fisik bayi.

memilih Makanan terbaik untuk bayi
makanan pendamping ASI
Dan ini adalah proses cara pengenalan yang baik pemberian makanan pendamping ASI untuk bayi mengingat, organ pencernaan bayi yang belum sempurna seperti orang dewasa, maka jika salah memberikan pengenalan makanan bayi ini dapat menimbulkan gangguan pencernaan pada bayi seperti terjadinya sembelit atau malah terjadinya perut kembung. Tentu hal ini sangat tidak dihapakan terjadi pada bayi kita.

Proses pemberian makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan secara bertahap, baik dilihat dari jenis makanannya, tekstur dan jumlah porsinya. Kekentalan makanan bayi dan jumlah harus disesuaikan dengan kesiapan bayi dalam menerima makanan. Dari sisi tekstur makanan, sebaiknya untuk awalnya bayi harus diberi makanan semi padat, sedangkan makanan padat diberikan sampai bayi sudah mulai tumbuh giginya. Porsi makanan juga berangsur muladi dari satu sendok sampai bertambah sesuai porsi makan bayi.

Alangkah baiknya jika pengenalan makanan bayi dimulai dari satu jenis makanan, misalnya pisang, alpukat dan pepaya. Kemudian setelah diberi makanan bayi tersebut, perhatikan respond dari bayi itu sendiri, apakah bayi menerima makanan yang diberikan atau tidak. Apabila bayi menolak, biasanya dengan cara memuntahkan makanan, maka jangan dipaksakan, maka mulai memilih makanan terbaik yang lain pada makanan bayi pendamping lainnya. Biasanya bayi lebih menyukai makanan yang rasanya manis, oleh karena itu berikan makanan bayi seperti buah-buahan pada ujung lidah dan sayuran pada bagian tengah. Usahakan pemberian sayuran dibanding buah-buahan, karena citarasa sayuran cenderung langu dan kurang dinikmati bayi. Jikalau terus menerus bayi dikenalkan pada rasa manis, ditakutkan bayi tidak akan menyukai sayuran. Dan hal ini sangat kurang baik untuk kebaikan pertumbuhan bayi.

Untuk Bayi  usia 6-9 bulan tekstur makanan sebaiknya makanan cair dan lembut seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran yang dihaluskan. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai beralih ke makanan kental dan padat, namun tetap harus bertekstur lunak, seperti aneka nasi tim. Usia 12-24 bulan bayi sudah mulai dikenalkan pada makanan keluarga atau makanan padat namun tetap mempertahankan rasa. Hindari makanan-makanan yang dapat mengganggu organ pencernaan, seperti makanan terlalu berbumbu tajam, pedas, terlalu asam dan berlemak. Pada masi ini kenalkan finger snack atau makanan yang bisa dipegang seperti cookies, nugget, atau potongan sayuran rebus atau buah. Ini penting untuk melatih keterampilan dalam memegang makanan dan merangsang pertumbuhan giginya.


Sumber : Makanan terbaik bayi; Proses Pengenalan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi


untuk anda yang ingin mengembalikan kelangsingan perut anda setelah melahirkan boleh juga untuk menyimak dengan klik disini>>>,,,

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes